Good Governance & Pembangunan Berkelanjutan demi Keberdayaan Masyarakat

Konsil LSM 1Berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan, satu elemen mendasar dari pembangunan berkelanjutan adalah sustainability atau keberlanjutan. Keberlanjutan dalam konteks ini diartikan 3 tema besar yaitu keberlanjutan secara lingkungan (environmental sustainability), keberlanjutan secara ekonomi (economic sustainability) dan keberlanjutan pembangunan manusia (human development sustainability).

Good governance sesungguhnya mempunyai peran yang menonjol dalam pelaksanaan dan menjaga konsistensi pembangunan berkelanjutan. Peran good governance dalam konteks ini adalah sebagai guidence yang menjaga dan menautkan 3 elemen pembangunan berkelanjutan. Sehingga secara konsisten pembangunan dapat dipantau, serta agar tetap dapat mencapai keberlanjutan dalam 3 elemen tersebut. 3 elemen ini merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan antara satu dengan yang lain. Good governance merupakan irisan sinergitas dari 3 elemen keberlanjutan dalam pembangunan berkelanjutan. Jelas Soni Suciati, Koordinator Konsil LSM Sumut, juga sebagai penyelenggara, di sela-sela, kegiatan Match Making Workshop bertema “Good Governance dan Keberlanjutan dalam Pembangunan Berkelanjutan”, di hotel Antares, Medan, Rabu 18 Nopember 2015, kemarin.

“Dalam keberlanjutan lingkungan, dengan dilaksanakannya tata kelola pemerintahan yang baik akan memastikan bahwa pelaksanaan pembangunan yang berorientasi lingkungan telah benar-benar dilakukan karena fungsi kontrol yang berlapis dan aspek partisipasi serta transparansi yang harus dilakukan. Adanya good governance seharusnya dapat memastikan bahwa praktek-praktek perlindungan dan preservasi lingkungan telah dilakukan dan direncanakan secara baik.” Ungkap M. Zailani, Pengamat Pemerintahan Sumut yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

“Di Indonesia, tingkat kerusakan lingkungan sangat tinggi. Pengelolaan sumber daya alam yang tidak sempurna, tumpang tindih peraturan, dan konflik antar aktor semakin memperparah kondisi lingkungan. Dengan ditaatinya prinsip good governance, praktek pengelolaan lingkungan yang baik dapat dipastikan konsistensinya.” Zailani menambahkan.

Konsil LSM 2“Hadir dalam kegiatan workshop, wakil dari Dinas-dinas terkait dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) provinsi Sumatera Utara, wakil dari para perusahaan dan masyarakat sipil. Workshop tersebut merupakan kegiatan workshop penyelerasan yang ke 4 kali, yang diharapkan dapat menyatukan pandangan 4 pihak, yakni Pemerintah, Perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan kelompok swadaya masyarakat (community base organization – CBO) untuk dapat bersatu dalam sebuah forum komunikasi kemitraan antar pihak yang aktif dalam membicarakan pemberdayaan yang tepat guna dan tepat sasaran bagi masyarakat kurang berdaya yang lebih luas. Worshop akan dilanjutkan dengan penyelarasan ke 5 pada minggu depan untuk membicarakan substansian, teknis dan program kerja forum kemitraan.” Jelas Soni.

“Tujuan lain dari dilaksanakan kegiatan match making workshop ini adalah untuk memberikan pemahaman dan penyelarasan pandangan kepada 4 pihak dalam melihat good governance sebagai guidance dalam menjalankan program pembangunan berkelanjutan dan Dengan melaksanakan prinsip-prinsip yang ada di dalamnya memungkinkan 3 pihak dapat saling bekerjasama dan berpartisipasi dalam proses yang sedang dilakukan.” Soni menambahkan soal maksud dan tujuan workshop.

Dalam pembahasan workshop terungkap poin-poin penting untuk menjadi cacatan para pihak dalam membangun kerjasama di masa hadapan, antara lain:

Good governance, dalam pandangan Pemerintah, akan lebih banyak mengambil peran sebagai regulator. Pemerintah dapat menyediakan kebijakan yang melindungi keberadaan lingkungan. Pemerintah di lain sisi juga dapat berfungsi sebagai kontrol bagi pihak korporasi yang melakukan pengelolaan sumber daya alam.

Keberlanjutan ekonomi kaitan dengan good governance lebih kepada bagaimana sesungguhnya good governance berperan sebagai acuan bagi dunia usaha atau korporasi bekerja selain untuk mendapatkan keuntungan, namun juga harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang lebih luas. Keberlanjutan ekonomi berkaitan dengan bagaimana perusahaan dapat tetap berjalan baik tanpa melupakan aspek pembangunan manusia sekitarnya dan lingkungan demi generasi masa depan. (isw)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s